Stándar Kompetensi: Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan Kolega dan
pelanggan
A.
Hakikat dan
pengertian pelayanan prima.
1.
Pelayanan prima
adalah pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan
kebutuhan pelanggan.
2.
Pelayanan prima
adalah pelayanan yang memprioritaskan kepuasan pelanggan.
3.
Pelayanan prima
adalah pelayanan dengan ramah, tepat, dan cepat kepada pelanggan.
4.
Pelayanan prima
adalah pelayanan yang membuat pelanggan merasa dipentingkan.
5.
Pelayanan prima
adalah pelayanan yang menempatkan pelanggan sebagai rekan/partner.
B.
Konsep dasar
pelayanan prima
1.
Pelayanan prima
berdasarkan konsep sikap (attitude):
a.
Rasa memiliki
(sense of belonging) terhadap perusahaan.
b.
Rasa kebanggaan
terhadap pekerjaan.
c.
Loyalitas yang
tinggi terhadap pekerjaan.
d.
Ingin menjaga
martabat dan nama baik perusahaan.
2.
Pelayanan prima
berdasarkan konsep perhatian (attention).
Perhatian atau atensi adalah sikap yang menunjukkan
kepedulian atau minat seseorang terhadap sesuatu, biasanya muncul dari
ketertarikan dan dorongan hati, karena pengaruh situasi yang dihadapinya.
Konsep perhatian mencakup tiga hal: Listening,
Observing dan Thinking.
3.
Pelayanan prima
berdasarkan konsep tindakan (action)
Merupakan rangkaian perbuatan nyata yang dilakukan
untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka meyakinkan pelanggan. Tujuannya
adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, sehingga harapan
pelanggan dapat tercapai.
Beberapa konsep
tindakan nyata pelayanan bagi pelanggan yang perlu dilakukan adalah sebagai
berikut:
1) Mencatat pesanan
pelanggan
2) Mencatat kebutuhan
pelanggan
Contoh-Contoh Pelayanan
- Perbankan memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan dimanapun. Misalnya dengan ATM, layanan sms banking dan internet banking, atau kredit pemilikan rumah/kendaraan (KPR/K).
- Transportasi menyediakan fasilitas angkutan orang atau barang yang aman, nyaman, dan cepat serta ongkos yang relatif murah.
- Warung/toko menyediakan barang kebutuhan sehari-hari.
- Rumah sakit menyediakan fasilitas yang baik dan pelayanan yang cepat.
Tujuan
Pelayanan Prima
- Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi.
- Menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan/konsumen agar segera membeli barang/jasa yang ditawarkan pada saat itu.
- Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan/konsumen terhadap barang/jasa yang ditawarkan.
- Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari terhadap produsen/penjual.
- Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
- Untuk menjaga agar pelanggan/konsumen merasa diperhatikan segala kebutuhannya.
- Untuk mempertahankan pelanggan/konsumen, agar tetap setia menggunakan barang/jasa yang ditawarkan
Daftar
Pustaka:
Suyetty
dkk.Modul Prinsip-Prinsip Kerjasama Dengan Kolega Dan
Pelanggan.2010.Jakarta:Yudhistira.
PPT download di sini
0 komentar:
Posting Komentar